Definisi matematika
Berikut ini adalah arti matematika yang
dikemukakan oleh para ahli, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Kurikulum 2004
Matematika ialah bahan kajian yang
mempunyai suatu objek abstrak serta dibangun dengan melalui proses penalaran
deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep yang diperoleh sebagai akibat logis dari
suatu kebenaran yang sebelumnya diterima sehingga memiliki keterkaitan antara
konsep yang ada dalam matematika bersifat sangat kuat serta jelas.
Matematika adalah ilmu universal yang
mendasari dari perkembangan teknologi modern saat ini, memiliki peran yang
penting dalam berbagai disiplin serta untuk memajukan daya pikir manusia.
Perkembangan pesat pada bidang teknologi informasi serta komunikasi saat ini
dilandasi karena perkembangan matematika pada bidang teori bilangan, analisis,
teori peluang, aljabar, serta diskrit. Agar dapat menguasai serta untuk
menciptakan teknologi pada masa yang akan datang, maka diperlukan penguasaan
dibidang matematika yang kuat sejak dini.
3. Yansen Marpaung
Yansen Marpaung berpendapat bahwa ilmu
matematika merupakan ilmu yang dalam perkembangan penggunaanya dengan menganut
metode deduksi.
4. Hudoyo
Matematika berkenaan dengan ide, aturan,
hubungan yang diatur dengan logis sehingga matematika memiliki keterkaitan
dengan dengan konsep abstrak.
5. Soedjadi
Menurut Sodjadi berpendapat bahwa
matematika merupakan pengetahuan yang bersifat eksak dengan objek abstrak yang
meliputi prinsip, konsep, serta operasi yang ada hubungannya dengan suatu
bilangan.
6. Johnson dan Rising
Matematika ialah pola berpikir,
pembuktian yang logik, pola mengorganisasikan, matematika adalah suatu bahasa
dengan menggunakan istilah yang dapat didefinisikan secara akurat, cermat, dan
jelas, representasinya dengan simbol serta padat, lebih berupa sebuah bahasa
simbol tentang ide dibandingkan tentang bunyi.
7. Reys, dkk
Matematika
merupakan telaah mengenai pola dan juga hubungan, sebuah jalan atau pola fikir,
seni, bahasa serta suatu alat.
8. Kline
Kline berpendapat bahwa matematika bukan
merupakan pengetahuan menyendiri yang dapat menjadi sempurna karena matematika
itu sendiri, melainkan dengan adanya matematika itu terutama agar dapat
membantu manusia dalam mengatasi dan memahami permasalahan ekonomi, sosial, dan
juga alam. Ilmu matematika tumbuh serta berkembang karena adanya proses
berpikir, oleh sebab itu logika merupakan salah satu dasar agar terbentuknya
matematika.
9. Riedesel
Riedesel berpendapat bahwa matematika
ialah kumpulan dari kebenaran dan aturan, ilmu matematika bukan sekedar hanya
berhitung saja. Matematika merupakan suatu bahasa, kegiatan untuk pembangkitan
masalah serta untuk memecahkan suatu masalah, kegiatan untuk menemukan serta
untuk mempelajari pola dan hubungan.
10.
Suwarsono
Menurut pendapat dari Suwarsono, bahwa
ilmu matematika merupakan sebuah ilmu yang mempunyai sifat khas antara lain :
memakai berbagai jenis lambang yang penggunaanya tidak banyak digunakan di
kehidupan sehari-hari, objeknya bersifat abstrak, serta memiliki proses
berpikir yang dibatasi dengan berbagai aturan yang ketat.
11.
Susilo
Susilo berpendapat bahwa ilmu matematika
bukanlah sekedar hanya kumpulan angka, simbol, serta berbagai rumus yang tidak
ada hubungannya dengan kehidupan dunia nyata. Namun sebaliknya, bahwa ilmu
matematika tumbuh serta berakar dari kehidupan di dunia nyata.
12.
Suherman
Ilmu matematika ialah disiplin ilmu
mengenai tata cara berfikir serta untuk mengolah logika, baik itu secara
kuantitatif ataupun kualitatif.
13.
James
dan james
Matematika merupakan suatu ilmu mengenai
logika tentang bentuk, besaran, susunan, serta berbagai konsep yang memiliki
hubungan satu sama lain dan dengan jumlah banyak yang terbagi ke 3 bidang,
antara lain : aljabar, geometri, dan analisis.
14.
Abdurrahman
Menurut Abdurrahman berpendapat bahwa
ilmu matematika merupakan sebuah bahasa simbolis yang mempunyai suatu fungsi
praktis untuk mengekspresikan berbagai hubungan kuantitatif serta keruangan,
sedangkan fungsi teoritis agar dapat memudahkan berfikir.
15.
Andi
Hakim Nasution
Andi Hakim Nasution berpendapat bahwa
ilmu matematika merupakan ilmu struktur, urutan (order), serta memiliki
hubungan yang meliputi berbagai macam dasar pengukuran, perhitungan, serta
penggambaran suatu bentuk objek.
16.
Ruseffendi
E. T
Ilmu matematika terorganisasikan dari
berbagai jenis unsur yang tidak untuk didefinisikan, berbagai definisi,
aksioma, serta suatu dalil dimana dalil tersebut telah dibuktikan kebenarannya
dan berlaku secara umum, oleh sebab itu ilmu matematika dapat disebut sebagai
ilmu deduktif.
Atas dasar-dasar teori konsep matematika
menurut para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian matematika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang susunan atau
struktur yang terorganisasikan yang dimulai dengan unsur yang tidak di
definisikan/ diartikan, ke dalam unsur yang didefinisikan ke aksioma atau
postulat dan yang pada akhirnya ke dalil yang mana fungsi praktisnya berguna
mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif serta keruangan sehingga fungsi
teoritisnya ialah guna memudahkan berfikir.
Definisi pembelajaran matematika
Dibawah ini adalah arti pembelajaran
matematika berdasarkan pengertian matematika oleh para ahli diatas, yang dapat
dijelaskan sebagai berikut :
Dan
juga pengertian atau definisi, teori maupun konsep matematika menurut para ahli
diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pembelajaran
matematika adalah suatu proses interaksi belajar mengajar pelajaran
matematika yang dilakukan antara siswa dan guru yang mana, proses tersebut
merupakan sebagai suatu sarana atau wadah yang berfungsi untuk mempermudah
berfikir didalam ilmu atau konsep-konsep abstrak.
Daftar pustaka
Komentar
Posting Komentar